Minggu, 22 April 2012

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Makalah) bagi Mahasiswa STAITA, Edisi I Tahun 2012

Pengantar
          Sebagai usaha meningkatkan mutu perkuliahan di lingkungan STAITA Padangsidimpuan, dipandang perlu menetapkan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Makalah) bagi Mahasiswa dan Dosen STAITA, dengan tujuan agar dapat dijadikan sebagai pedoman standar. Pedoman ini mulai diberlakukan pada T.A. 2011/2012 dan akan direvisi setiap waktu apabila terdapat hal-hal baru yang dipandang perlu ditambahkan atau hal-hal lama yang sudah tercantum yang mungkin perlu dikurangi.
Format Desain
  1. Kertas     : Ukuran A4 (21 X 29,7 cm).
  2. Huruf      : Bookman Old Style.
  3. Ukuran   : 11 pt.
  4. Spasi      :  Ganda (2 spasi).
  5. Sampul   :  Plastik polos (depan), kertas jeruk warna putih (belakang).
  6. Halaman judul lihat contoh berikut :  
    PERBAIKAN AKHLAK
    MELALUI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

    OLEH : KHOLID SAPUTRA
    NIM : 09.02.00.04
    Makalah disampaikan pada Seminar Kelas
    Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam
    Semester VI









    PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
    SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM TAPANULI
    PADANGSIDIMPUAN
    2012


                    [1] Boleh menggunakan logo STAITA, tetapi tidak mutlak.
  7. Contoh daftar isi :
    DAFTAR ISI
BAB I  PENDAHULUAN
        A.  Latar Belakang Masalah     
        B.  Perumusan Masalah           
        C.  Tujuan Penulisan               
        D.  Manfaat Penulisan
BAB II KERANGKA TEORI
        A.   Landasan Teori tentang Akhlak
        B.   Landasan Teori tentang Filsafat Pendidikan Islam
BAB III  PEMBAHASAN
        A.   Perbaikan Akhlak sebagai Tujuan Pokok Pendidikan Islam
        B.   Aspek-aspek Filsafat dalam Pendidikan Akhlak
BAB IV  KESIMPULAN
KEPUSTAKAAN

Catatan tentang Daftar Isi:
1)    Setiap dosen dapat mengubah bab-bab di atas sesuai tujuan perkuliahan.
2)    Idealnya, makalah perseorangan antara 5 sampai 10 halaman, dan makalah kelompok antara 10 sampai 25 halaman.
3)    Isi Latar Belakang Masalah dapat diambil dan dikembangkan dari Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dari materi mata kuliah yang dimakalahkan, yang dapat dilihat dalam Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) mata kuliah tersebut.
4)    Isi Perumusan Masalah berisi pertanyaan tentang apa yang ingin dijawab melalui makalah tersebut. Fungsinya agar pembahasan dapat fokus ke perumusan tersebut, dan hal-hal lain meskipun dirasa menarik tetapi tidak terkait dengan materi yang ditanyakan, harus diabaikan atau ditinggalkan (tidak dibahas). Dengan demikian, perumusan masalah juga sekaligus berfungsi sebagai pembatasan masalah.
5)    Tujuan Penulisan berupaya menjawab persoalan-persoalan yang dikemukakan dalam perumusan masalah.(Jabarkan sendiri sesuai perumusan masalahnya).
6)    Manfaat Penulisan dikembalikan lagi kepada standar kompetensi dan kompetensi dasar apa yang ingin dicapai melalui pembahasan masalah tersebut.
7)    Kerangka Teori diambil dari buku-buku teks yang terkait dengan mata kuliah (umumnya ada dalam silabus), yang bisa dicari di perpustakaan STAITA atau pada buku-buku yang dimiliki mahasiswa. Kerangka teori dalam penulisan makalah hanya berfungsi sebagai landasan memulai pembahasan atau acuan didalam pembahasan, dan bukan untuk membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran teori tersebut.
8)    Bab III berupa Pembahasan bisa terdiri dari satu sub-bab saja, atau lebih dari satu. Jika lebih dari satu, maka disusun sesuai contoh di atas, yaitu ada sub-bab A, sub-bab B, dan seterusnya, tergantung luasnya pembahasan.
9)    Bab IV sebagai Kesimpulan, isinya tidaklah mengulang-ulang lagi pembahasan atau semua hal-hal yang ditulis dalam bab sebelumnya. Isinya difokuskan kepada jawaban terhadap apa yang ditanyakan dalam perumusan masalah. Jika isi kesimpulan tidak dapat menjawab perumusan masalah, berarti makalah tersebut dianggap gagal.
10) Kepustakaan berbeda penulisannya dengan catatan kaki. Perhatikan posisi pengetikan,besar huruf dan bentuk huruf. Berikut perbedaan keduanya :
Catatan Kaki
Kepustakaan
Keterangan
[1] M. Atho’ Mudzhar, Pendekatan Studi Islam dalam Teori dan Metode, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1998), h. 13-14.
Mudzhar,  M. Atho’, Pendekatan Studi Islam dalam Teori dan Metode, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1998).

Pada catatan kaki nama ditulis lengkap seperti biasa untuk kutipan pertama kali dan pada kutipan selanjutnya cukup menulis nama belakangnya saja. Pada kepustakaan penulisannya dibalik, dimulai dengan nama belakang.
           2 Tim Redaksi, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta : Pusat Bahasa, 2008), h. 752.

Tim Redaksi, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta : Pusat Bahasa, 2008).

Tim Redaksi, bukan nama orang, sehingga penulisannya dalam kepustakaan tidak perlu dibalik. Justru salah jika ditulis : Redaksi, Tim.
              3 Jalaluddin Rakhmat, “Metodologi Penelitian Agama”, dalam Taufik Abdullah & M. Rusli Karim (ed.), Metodologi Penelitian Agama, Sebuah Pengantar, (Yogyakarta : Tiara Wacana, 1990), h. 92-94.
Abdullah, Taufik & M. Rusli Karim (ed.), Metodologi Penelitian Agama, Sebuah Pengantar, (Yogyakarta : Tiara Wacana, 1990).

Tulisan Jalaluddin Rakhmat berada dalam buku kumpulan karangan yang disunting (ed.=editor) oleh Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim, sehingga yang ditulis pada kepustakaan cukup buku induknya saja.
            4 Ibid., h. 98.

Ibid.=ibidem=sama dengan di atas. Berarti yang dimaksud adalah tulisan Jalaluddin Rakhmat di atasnya, tetapi halamannya berbeda.
            5 Mudzhar, op. cit., h. 19.

Op.cit.,=sama dengan di atas (tetapi telah diantarai oleh catatan kaki lainnya). Berarti yang dimaksud ialah kutipan dari buku M. Atho’ Mudhzar yang ditempatkan dalam catatan kaki nomor 1. Untuk meringkas, namanya cukup ditulis Mudzhar saja.
            6 Rakhmat, op. cit., h. 95.

Tulisan Jalaluddin Rakhmat dikutip lagi, tetapi karena sudah diantarai oleh kutipan lain, tidak ditulis Ibid., lagi, tetapi op.cit. (Sama seperti penjelasan di atas).
Cara mengetik catatan kaki di komputer (MS-Word) : Klik References, kemudian klik Insert Footnote. Pada sebagian komputer keluaran lama, klik Insert, kemudian klik Footnote.


     

1 komentar:

  1. Terima kasih pak, sudah mengabulkan apa yang sudah kami tunggu-tunggu pada saat ini, semoga dengan adanya Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Makalah) bagi Mahasiswa STAITA, Edisi I Tahun 2012, ini STAITA semakin maju. amin.........?

    BalasHapus